MAULID NABI

Kejujuran dan reliabilitasnya membuat beliau diberi gelar al-Amin, dan kelahirannya telah membawa akibat yang luar biasa pada sejarah dunia. Hanya dalam tempo sepuluh tahun di Madinah, dengan gemilang beliau telah berhasil membangun peradaban baru, dan dengan cepat segera menjangkau dan mengubahnya pusat-pusat peradaban Suriah-Aramik, Persia-Sasanid dan Yunani yang telah ada sebelumnya. Hingga abad ke 9, Islam bahkan telah mendiami dua-per-tiga dari seluruh dunia, melintasi semua peradaban dunia dari Cina dan Asia Tenggara, Afrika, hingga Eropa Tengah.
Pada abad Pertengahan itu, selama 7 abad, dunia praktis didominasi peradaban Islam. Ilmu pengetahuan dan teknologi Islam, serta ekonomi dan militer, unggul atas semua peradaban manapun. Dan selama masa tersebut, oleh para ulama, khasanah intelektual kuno Yunani, Persia, India dan Cina digali dan didialogkan sedemikian rupa dengan al-Qur’an secara kritis dan kreatif. Ini berkat kekayaan bahasa dan visi ilmiah yang dikandung Al-Qur’an dan reseptifitasnya kepada beragam interpretasi. Hasilnya sungguh menakjubkan, lahir peradaban ilmiah; dan produk-produk intelektual para ulama masa itu, meliputi berbagai bidang, ketika sampai di Barat, menjadi fondasi dan jembatan yang memungkinkan lahirnya peradaban ilmiah modern.
Karena itu, tanpa Islam, yang dibawa oleh Nabi Muhammad yang lahir menjelang fajar pada hari senin tanggal 12 Rabiul Awal, atau tanggal 20 April Tahun 571 M, mungking tidak akan ada peradaban ilmiah modern seperti yang kita saksikan sekarang ini. Jadi, memperingati kelahiran Nabi Muhammad sesungguhnya juga memperingati kelahiran peradaban modern, yang dewasa ini kanfaatannya dinikmati oleh seluruh ummat manusia. Inilah rahmat sekalian alam itu, kelahirannya untuk seluruh ummat manusia, yang menjadi misi kerasulan beliau. Dari sisi ini peringatan Maulid sejatinya bukan hanya milik ummat Islam, tetapi oleh seluruh ummat manusia.*
Semoga Bermanfaat.
AH

Leave A Comment

At vero eos et accusamus et iusto odio digni goikussimos ducimus qui to bonfo blanditiis praese. Ntium voluum deleniti atque.

Melbourne, Australia
(Sat - Thursday)
(10am - 05 pm)
Melbourne, Australia
(Sat - Thursday)
(10am - 05 pm)

No products in the cart.

Subscribe to our newsletter

Sign up to receive latest news, updates, promotions, and special offers delivered directly to your inbox.
No, thanks
X